Search for collections on Itenas Repository

TA: RANCANG BANGUN APLIKASI PETA PARIWISATA INTERAKTIF DENGAN MENERAPKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (Studi Kasus: Pariwisata Cagar Budaya Kota Bandung)

DOMINIK, AFFRYAN (2020) TA: RANCANG BANGUN APLIKASI PETA PARIWISATA INTERAKTIF DENGAN MENERAPKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (Studi Kasus: Pariwisata Cagar Budaya Kota Bandung). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 Cover 232014094.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02 Abstrak 232014094.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
03 Daftar Isi 232014094.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
04 Bab 1 232014094.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
05 Bab 2 232014094.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
06 Daftar Pustaka 232014094.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Cagar budaya merupakan salah satu destinasi wisata heritage di Kota Bandung. Kota Bandung memiliki kurang lebih mencapai 1.770 bangunan namun dari jumlah tersebut hanya sedikit informasi objek wisata yang tersedia. Dengan minimnya informasi tentang wisata cagar budaya, maka perlu pengembangan media informasi yang bersifat informatif serta inovatif. Dalam penelitian ini dilakukan rancang bangun sebuah aplikasi peta pariwisata interaktif berbasis Augmented Reality yang tak hanya menampilkan informasi spasial sebuah wilayah, akan tetapi juga memberikan informasi tekstual dengan tampilan 3dimensi yang terintegrasi dengan baik dalam satu peta. Data yang gunakan adalah data peta RBI Kota Bandung skala 1:25000, POI cagar budaya Kota Bandung dan data cagar budaya Kota Bandung berdasarkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Implementasi pada aplikasi ini menggunakan 3 jenis perangkat smartphone yang memiliki spesifikasi berbeda, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Penggunaan 3 jenis smartphone ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana hasil implementasi tampilan dan program berjalan, karena ketiga smartphone tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda. Pada ketiga smartphone dilakukan pengujian Black Box dan pengujian Beta, dimana pada pengujian Black Box ini lebih menguji ke tampilan luar (Interface) dari suatu aplikasi agar mudah digunakan oleh pengguna sedangkan pengujian Beta dilakukan kuesioner tentang kesesuaian fungsi pada aplikasi guna mengetahui kualitas dan kelayakan aplikasi. Data hasil pengujian Black Box dari ketiga smarthphone menunjukan fungsi berjalan dengan baik dan hasil kuesioner yang telah diisi oleh 8 orang responden dari 11 pertanyaan menunjukan persentase sebesar 86,60% dengan demikian aplikasi dapat dinyatakan memeroleh interpretasi “Baik”. Kata Kunci: Augmented Reality, Used Defined Target, Peta 3 Dimensi, Peta Interaktif, Cagar Budaya Kota Bandung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorSari, Dewi KaniaUNSPECIFIED
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 29201 Teknik Geodesi S1
Depositing User: Erma Sukmaida
Date Deposited: 08 Apr 2021 01:31
Last Modified: 24 May 2021 09:09
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item View Item