Search for collections on Itenas Repository

TA: PEMERIKSAAN KINERJA RUAS JALAN PERKOTAAN DENGAN ALAT BANTU MIKROSIMULASI

Mubarak, Ahmad (2021) TA: PEMERIKSAAN KINERJA RUAS JALAN PERKOTAAN DENGAN ALAT BANTU MIKROSIMULASI. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 Cover 222015105.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02 Abstrak 222015105.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
03 Daftar Isi 222015105.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
04 Bab 1 222015105.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
05 Bab 2 222015105.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
06 Daftar Pustaka 222015105.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Kemacetan merupakan salah satu permasalahan transportasi yang selalu terjadi setiap kota besar di Negara Indonesia. Salah satu faktor yang mempengaruhi permasalahan tersebut adalah meningkatnya jumlah pergerakan kendaraan bermotor yang tidak sebanding dengan kapasitas ruas jalan. Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya analisis kinerja ruas jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Salah satu alternatif untuk menganalisis kinerja ruas jalan adalah dengan menggunakan program PTV Vissim yang dapat mensimulasikan model lalu lintas mikroskopik menyerupai kondisi di lapangan. Penelitian ini ditujukan untuk dapat melakukan pemeriksaan nilai dan perbandingan antara metode MKJI 1997 dengan software Vissim dalam menganalisis kinerja ruas jalan yaitu kecepatan rata-rata ruang kendaraan ringan selama jam kerja (pukul 06.00 – 18.00) pada hari kerja (Senin). Hasil kecepatan rata-rata ruang kendaraan ringan (LV) dari pengamatan lapangan, perhitungan MKJI 1997, dan pemodelan Vissim secara berurutan yaitu 21,83 – 37,66 km/jam, 41 – 44 km/jam, dan 22,70 – 30,96 km/jam. Persentase perbedaan rata-rata kecepatan kendaraan ringan dari perhitungan MKJI 1997 lebih besar 41,99% dari pengamatan lapangan sedangkan dari pemodelan Vissim lebih kecil 2,29% dari pengamatan lapangan. Perbedaan besar pada hasil MKJI 1997 disebabkan karena komposisi arus di lapangan didominasi oleh sepeda motor dengan kecepatan lebih tinggi dari kendaraan lain, sedangkan hasil pada Vissim mampu menyerupai data lapangan karena adanya penyesuaian parameter driving behavior.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorMaulana, AndreanUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 22201 Teknik Sipil S1
Depositing User: Azizullah Putri Akbar
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:45
Last Modified: 16 Apr 2021 03:45
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item View Item