FAHRUDIN, YORI RAYMIZARD (2020) TA: PERBANDINGAN NILAI KONDISI JALAN DAN PROGRAM PEMELIHARAANNYA BERDASARKAN METODE PCI DAN RCI. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Bandung.
|
Text (Cover)
01.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
02.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
03.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
04.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
05.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
06.pdf Download (57kB) | Preview |
Abstract
Penilaian kondisi permukaan jalan merupakan salah satu tahapan untuk menentukan jenis program revaluasi yang perlu dilakukan. Dua metode yang dapat digunakan dalam melakukan penilaian kondisi jalan dan program pemeliharaannya adalah metode PCI (Pavement Condition Index) dan metode RCI (Road Condition Index). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kedua metode dalam menentukan nilai kondisi dan pemeliharannya terhadap kondisi perkerasan di lapangan. Prosedur pengukuran di lapangan untuk nilai PCI menggunakan alat meteran untuk mengetahui luasan kerusakan dan pengelompokkan tingkat kerusakan kemudian dianalisis dengan standar ASTM D6433 (2008). Nilai IRI diperoleh dari perkiraan kerusakan yang terjadi di lapangan. Nilai RCI diperoleh dari korelasi antara IRI dan RCI dengan menggunakan persamaan. Berdasarkan nilai RCI kemudian dilakukan analisis untuk menentukan kondisi jalan serta jenis pemeliharaan sesuai permen PUPR No 33/PRT/M/2016. Identifikasi kondisi perkerasan jalan dengan metode PCI dan RCI menunjukan hasil yang berbeda. Hasil nilai kondisi jalan dalam perhitungan kedua metode adalah jenis pemeliharaan jalan. Pada metode PCI jenis pemeliharaan yang diusulkan antara lain do nothing, preventative maintenance, surface, dan rehabilitation. Pada metode RCI jenis pemeliharaan yang diusulkan antara lain pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala dan peningkatan. Setelah hasil kedua metode dibandingkan, dapat disimpulan kedua metode sama baiknya, akan tetapi jenis pemeliharaan metode RCI lebih ideal dibandingkan metode PCI karena selaras dengan kerusakan di lapangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||
Divisions: | 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 22201 Teknik Sipil S1 | ||||||
Depositing User: | Erma Sukmaida | ||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2021 04:18 | ||||||
Last Modified: | 16 Mar 2021 04:18 | ||||||
URI: | http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1045 |
Actions (login required)
View Item |