Caromawati, Corry and Dwinaya, Levita (2018) Implementasi Computer-Assisted Language Learning (CALL) di Laboratorium Bahasa Di Perguruan Tinggi Di Bandung: Fitur umum dan persepsi dosen. In: Seminar Nasional Rekayasa dan Desain Itenas 2018, Tema: Peranan Rekayasa dan Desain dalam Percepatan Pembangunan Nasional Berkelanjutan, 4 Desember 2018, Kampus Institut Teknologi Nasional - Bandung.
|
Text
E-1 Implementasi Computer-Assisted Language Learning (CALL).pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan penggunaan teknologi berbasis computer untuk pengajaran Bahasa Inggris, dikenal juga sebagai CALL, pada lab Bahasa di sepuluh perguruan tinggi di Bandung. Pemetaan ini dilihat dari persepsi dosen yang mengajar di lab bahasa. Untuk memenuhi tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kuesioner dan wawancara sebagai metode pengambilan data. Responden yang mengisi kuesioner berjumlah 28 orang sedangkan yang diwawancara berjumlah 7 orang dosen yang mengajar di lab bahasa di berbagai perguruan tinggi di Bandung. Dari hasil penelitian diketahui terdapat 3 tipe lab di Bandung berdasarkan kelengkapan yang dimiliki. Terdapat pula beragam persepsi kecukupan terhadap kelengkapan tersebut karena yang menentukan persepsi kecukupan bukanlah kelengkapan teknologi yang digunakan tapi tujuan serta aktivitas pembelajaran. Key words : CALL, lab bahasa, perangkat keras, perangkat lunak, persepsi
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Paper |
Depositing User: | Agus Wardana |
Date Deposited: | 27 Dec 2018 06:29 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 06:29 |
URI: | http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/270 |
Actions (login required)
View Item |