Setiawan, Sulistyo (2018) Pengembangan Konsep Model Pendidikan Sosio – Personal Pada Era Digital (Studi Pada Jurusan Desain Produk Fsrd Itenas). In: Seminar Nasional Rekayasa dan Desain Itenas 2018, Tema: Peranan Rekayasa dan Desain dalam Percepatan Pembangunan Nasional Berkelanjutan, 4 Desember 2018, Kampus Institut Teknologi Nasional - Bandung.
|
Text
B-3 Pengembangan Konsep Model.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Setiap manusia yang lahir di dunia ini membawa kodrat bakat yang beragam. Namun jenis, sistem, dan praktik pendidikan formal pada umumnya telah menyusutkan keragaman bakat, minat dan keunikan yang ada pada setiap anak karena hal-hal tersebut kurang dihargai. Penyusutan tersebut berlangsung hingga tingkat pendidikan tinggi. Jurusan Desain Produk FSRD Itenas yang mengharuskan mahasiswanya untuk memilih salah satu dari empat konsentrasi yang ada, di satu sisi berdampak pada pengembangan bakat, minat, ketertarikan, dan passion mahasiswa, tetapi di lain sisi hal-hal tersebut justru menyusut bagi mahasiswa yang merasa tidak sesuai dengan konsentrasi yang ada. Melalui Design Thinking yang merupakan metode penelitian yang berpusat pada manusia, peneliti berhasil menggali kebutuhan mahasiswa yang berharap dapat mengembangkan dirinya secara personal dan sosial. Dari penggalian itu kemudian peneliti merumuskannya dalam bentuk prototype awal konsep pendidikan yang dapat memfasilitasi kebutuhan tersebut. Kata Kunci: Bakat, Minat, Ketertarikan, Passion, Konsentrasi, Model Pendidikan
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Paper |
Depositing User: | Agus Wardana |
Date Deposited: | 27 Dec 2018 03:11 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 03:11 |
URI: | http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/250 |
Actions (login required)
View Item |