Analisis Bending pada Komposit PPHI (Polypropylene High Impact) Berpenguat Serat Nanas dengan Fraksi Volume 20% yang Dibuat Menggunakan Injection Molding

Anggraeni, Nuha Desi and Latief, Alfan Ekajati and Jhon Alfano, Muhammad Rizky and Aprilianto, Taufik Dwi (2020) Analisis Bending pada Komposit PPHI (Polypropylene High Impact) Berpenguat Serat Nanas dengan Fraksi Volume 20% yang Dibuat Menggunakan Injection Molding. In: Seminar Nasional – XIX Rekayasa dan Aplikasi Teknik Mesin di Industri, 17 Desember 2020, Kampus Institut Teknologi Nasional - Bandung.

[img]
Preview
Text
Analisis Bending pada Komposit PPHI (Polypropylene High Impact) Berpenguat.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Komposit merupakan campuran yang terdiri atas dua atau material atau lebih. Komposit akan menghasilkan material dengan kekuatan yang lebih baik dibanding kekuatan material-material penyusunnya. Penelitian dilakukan dengan menyusun komposit yang terdiri atas PPHI sebagai matriks dan serat nanas sebagai penguat. Serat nanas digunakan sebagai penguat karena sifat seratnya yang baik dan ramah lingkungan. Sifat serat nanas yang demikian membuat serat nanas baik untuk diaplikasikan pada bidang otomotif. Metode pembuatan komposit yang sering digunakan adalah pembuatan dengan proses injection molding. Fraksi volume yang digunakan pada penelitian adalah 20 % untuk serat nanas dengan tiga ukuran mesh yaitu 120, 170 dan 200. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian bending untuk mengetahui kekakuan spesimen. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa nilai rata-rata uji bending untuk spesimen adalah 2,36 MPa untuk mesh 120; 7,04 MPa untuk mesh 170; dan 8,06 MPa untuk mesh 200.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Karya Tulis Ilmiah
Depositing User: Agus Wardana
Date Deposited: 01 Feb 2021 02:14
Last Modified: 01 Feb 2021 02:14
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item