Penerapan Algoritma Apriori untuk Market Basket Analysis

NUR FITRIANTI, FAHRUDIN (2019) Penerapan Algoritma Apriori untuk Market Basket Analysis. MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal, 4 (1). ISSN cetak 2528-0015 dan ISSN elektronik 2528-0902

[img] Other
3150

Download (19kB)
Official URL: https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/mindjournal...

Abstract

Pemanfaatan teknik data mining saat ini dapat membantu para pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Salah satu teknik yang sangat dikenal adalah analisis asosiasi. Analisis asosiasi bertujuan untuk menemukan hubungan antara barang-barang yang dibeli oleh pelanggan. Analisis asosiasi semacam ini biasa dikenal sebagai market basket analysis. Market basket analysis menggunakan data pelanggan yang selama ini disimpan didalam basis untuk menemukan informasi baru didalamnya. Algoritma Apriori merupakan algoritma untuk melakukan market basket analisis, yang bertujuan untuk menemukan barang yang paling sering dibeli. Algoritma Apriori ini menghasilkan sebuah aturan asosiasi yang bermanfaat bagi pelaku bisnis. Untuk memilih aturan asosasi yang paling kuat diperlukan perhitungan lift ratio. Dengan menghitung lift ratio dari setiap aturan asosiasi, dapat diketahui aturan asosiasi yang valid dan paling kuat. Dengan melakukan analisis asosiasi, dapat diketahui bahwa data pelanggan dapat dimanfaatkan sebagai masukan kepada pemilik bisnis untuk menentukan strategi penjualan bagi bisnis mereka.

Item Type: Article
Divisions: Karya Tulis Ilmiah
Depositing User: Asep Kamaludin
Date Deposited: 20 Sep 2019 06:09
Last Modified: 20 Sep 2019 06:09
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item