IDENTIFIKASI KELUHAN PEKERJA DAN PENGUKURAN TINGKAT RISIKO KERJA DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI UNTUK MENCEGAH MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) (STUDI KASUS: PERUSAHAAN MINUMAN PT. X)

Asad, Nur Rahman and Achiraeniwati, Eri and Rejeki, Yanti Sri and Pradana, Andri (2018) IDENTIFIKASI KELUHAN PEKERJA DAN PENGUKURAN TINGKAT RISIKO KERJA DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI UNTUK MENCEGAH MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) (STUDI KASUS: PERUSAHAAN MINUMAN PT. X). In: Seminar Nasional VII Manajemen & Rekayasa Kualitas 2018, 15 November 2018, Itenas - Bandung.

[img]
Preview
Text
C4 - Nur Rahman As'ad - Unisba, Bandung.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di salah satu industri kecil minuman seduhan dengan volume produksi sebanyak 30.000 sachet per hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keluhan pekerja (operator) dan mengetahui tingkat risiko kerja pada setiap stasiun kerja pada perusahaan tersebut. Tingkat keluhan operator diukur dengan menggunakan Kuesioner Boby Map, sedangkan tingkat risiko kerja untuk setiap stasiun kerja digunakan metode REBA, RULA, dan QEC. Hasil dari penelitian ini adalah semua pekerja mengeluh merasakan sakit pada beberapa bagian tubuh. Keluhan terbanyak dirasakan pada bagian siku, paha, punggung atas, dan lutut. Hasil pengukuran tingkat risiko kerja adalah sebagai berikut: pada stasiun kerja penimbangan berada pada level medium dan tinggi, pada stasiun kerja pencampuran berada pada level medium dan tinggi, pada stasiun kerja pengemasan otomatis (renteng) berada pada level tinggi, pada stasiun kerja pemberian cap berada pada level rendah, dan pada stasiun kerja pengemasan akhir berada pada level medium dan tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Paper
Depositing User: Agus Wardana
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:30
Last Modified: 14 Feb 2019 07:30
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item