TA: SENSITIVITAS NILAI CBR TANAH DASAR (SUBGRADE) DAN BEBAN LALU-LINTAS TERHADAP PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN KAKU

Septiansyah, Rizky (2021) TA: SENSITIVITAS NILAI CBR TANAH DASAR (SUBGRADE) DAN BEBAN LALU-LINTAS TERHADAP PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN KAKU. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 Cover 222017136.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02 Abstrak 222017136.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
03 Daftar Isi 222017136.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
04 Bab 1 222017136.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
05 Bab 2 222017136.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
06 Daftar Pustaka 222017136.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Parameter daya dukung tanah dasar ditentukan oleh nilai California Bearing Ratio yang sangat menentukan tebal lapis perkerasan kaku karena akan menjadi pondasi perkerasan kaku yang akan direncanakan. Sedangkan lalu-lintas kendaraan, dimensi kendaraan dan beban muatan akan menimbulkan gaya tekan pada sumbu kendaraan yang menumpu pada perkerasan jalan yang disalurkan ke tanah dasar juga menjadi acuan penting dalam menentukan tebal perkerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sensitivitas nilai CBR subgrade dan beban lalu-lintas dalam perencanaan tebal pelat beton semen dengan metode Pd T-14-2003 dan MDPJ No. 02/M/BM/2017 pada ruas Jalan Teluk Lembu Ujung – KIT Pekanbaru. Untuk mengetahuinya maka variasi yang diberikan yaitu peningkatan 25% beban lalu-lintas hingga 100% dan variasi nilai CBR subgrade sebesar 5%,10%, 15%, 20%, dan 25%. Pada metode Pd T-14-2003, tebal pelat beton dipengaruhi oleh beban lalu-lintas. Semakin tinggi beban lalu-lintas maka tebal pelat beton yang dibutuhkan akan semakin tebal. nilai CBR subgrade juga mempengaruhi tebal pelat beton. Semakin tinggi nilai CBR subgrade maka tebal pelat beton yang dibutuhkan akan semakin berkurang. Variasi beban lalu-lintas lebih berpengaruh terhadap tebal pelat beton. Setiap kenaikan beban lalu-lintas 25% maka tebal pelat mengalami penambahan berkisar 11,32 % sampai 31,25%. Pada metode MDPJ No.02/M/BM/2017, tebal pelat beton tidak dipengaruhi oleh beban lalu-lintas maupun nilai CBR subgrade.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
TeacherAschuri, ImamUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 22201 Teknik Sipil S1
Depositing User: Azizullah Putri Akbar
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:08
Last Modified: 28 Apr 2021 04:08
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item