TA: KARAKTERISTIK PARKIR ON STREET DAN PENGARUHNYA PADA KINERJA JALAN (Studi Kasus : Jalan KH Agus Salim, Jalan Raden Patah, dan Jalan Balai Pustaka Baru Kota Jakarta)

Dwimurti, Arvian Yudhistira (2020) TA: KARAKTERISTIK PARKIR ON STREET DAN PENGARUHNYA PADA KINERJA JALAN (Studi Kasus : Jalan KH Agus Salim, Jalan Raden Patah, dan Jalan Balai Pustaka Baru Kota Jakarta). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 Cover 242016093.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02 Abstrak 242016093.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
03 Daftar Isi 242016093.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
04 Bab 1 242016093.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
05 Bab 2 242016093.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
06 Daftar Pustaka 242016093.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Kegiatan parkir di pinggir jalan (on-street) sangat berpengaruh pada kinerja jalan saat ada peningkatan volume kendaraan yang begitu tinggi akan terhambat oleh aktivitas kendaraan yang keluar masuk parkir di pinggir jalan sehingga menyebabkan berkurangnya kapasitas jalan pada ruas jalan tersebut. Beberapa ruas jalan di kota Jakarta yang terdapat parkir on street berada pada ruas Jalan KH Agus Salim Jakarta Pusat, Jalan Raden Patah Jakarta Selatan, dan Jalan Balai Pustaka Baru Jakarta Timur. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi kinerja ruas jalan akibat parkir pinggir jalan di ruas Jalan KH Agus Salim, ruas Jalan Balai Pustaka Baru, dan ruas Jalan Raden Patah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan cara melakukan pengamatan langsung di tiga lokasi ruas jalan dengan hari dan waktu yang berbeda sebagai metode penelitiannya. Pengambilan data di lapangan berupa data karakteristik lalu lintas seperti volume lalu lintas, hambatan samping serta data karakteristik parkir. Hasil analisis kinerja ruas jalan didapatkan bahwa kapasitas jalan terendah terdapat pada Jalan KH Agus Salim sebesar 3204 smp/jam, Jalan Raden Patah sebesar 2698 smp/jam, dan Jalan Balai Pustaka Baru sebesar 5642 smp/jam, dengan nilai VCR tertinggi pada Jalan Raden Patah dengan nilai 0.61 diikuti dengan Jalan KH Agus Salim dengan nilai 0.48 dan Jalan Balai Pustaka Baru sebesar 0.30. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa parkir on street di Jalan KH Agus Salim dan Jalan Raden Patah berpengaruh terhadap kinerja jalan. Sementara, parkir pada Jalan Balai Pustaka Baru tidak berpengaruh dikarenakan faktor penggunaan lahan yang tidak menarik banyak pengunjung. Kata Kunci : Parkir On Street, Kapasitas Jalan, Kinerja Jalan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorAgustina, RatnaUNSPECIFIED
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 35201 Perencanaan Wilayah dan Kota S1
Depositing User: Erma Sukmaida
Date Deposited: 27 Apr 2021 04:47
Last Modified: 20 Sep 2021 04:41
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item