TA: PERUBAHAN POLA PERGERAKAN MASYARAKAT SEKITAR JALAN SUKAJADI PASCA REKAYASA LALU LINTAS

Tanaka, Dillo (2021) TA: PERUBAHAN POLA PERGERAKAN MASYARAKAT SEKITAR JALAN SUKAJADI PASCA REKAYASA LALU LINTAS. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 Cover 242016080.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02 Abstrak 242016080.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
03 Daftar Isi 242016080.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
04 Bab 1 242016080.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
05 Bab 2 242016080.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
06 Daftar Pustaka 242016080.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Jalan Sukajadi Bandung merupakan jalan dengan intensitas kegiatan yang tinggi. Volume kendaraan yang masuk melebihi daya tampung kapasitas jalan khususnya pada jam-jam sibuk dan akhir pekan. Sepanjang koridor Jalan Sukajadi terdapat aktivitas komersial yang menimbulkan bangkitan, tarikan dan hambatan samping, Pemerintah Kota Bandung resmi melakukan rekayasa lalu lintas sistem satu arah di Jalan Sukajadi. Dengan pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk mengatasi kemacetan di Jalan Sukajadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan pola pergerakan masyarakat setempat yang ditimbulkan oleh rekayasa lalu lintas Jalan Sukajadi. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode statistik deskriptif kemudian melakukan analisis Uji Wilcoxon untuk melihat perbandingan antara jarak tempuh, waktu tempuh, dan biaya transportasi sebelum dan setelah rekayasa lalu lintas diberlakukan. Hasil dari penelitian ini dari segi kinerja jalan adalah rekayasa lalu lintas sistem satu arah meningkatkan kapasitas jalan schingga terjadi penurunan nilai VCR, meningkatkan kecepatan rata-rata kendaraan dan membuat tingkat kinerja Jalan Sukajadi meningkat. Berdasarkan hasil perhitungan, jarak tempuh menuju ke tujuan, waktu tempuh menuju ke tujuan dan sebaliknya serta biaya transportasi antara sebelum dan setelah rekayasa lalu lintas sistem satu arah diberlakukan mengalami perubahan yang berarti/signifikan. Kata Kunci : Rekayasa Lalu Lintas, Pola Pergerakan, Pengaruh Rekayasa Lalu Lintas, Uji Wilcoxon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorAgustina, RatnaUNSPECIFIED
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 35201 Perencanaan Wilayah dan Kota S1
Depositing User: Erma Sukmaida
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:55
Last Modified: 20 Sep 2021 02:57
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item View Item