TA: PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA SEPEDA MOTOR KE ANGKUTAN KOTA DI KALANGAN PELAJAR SMA KOTA CIMAHI

RACHMAN, AZWAR AULIA (2020) TA: PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA SEPEDA MOTOR KE ANGKUTAN KOTA DI KALANGAN PELAJAR SMA KOTA CIMAHI. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 Cover 242015024.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02 Abstrak 242015024.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
03 Daftar Isi 242015024.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
04 Bab 1 242015024.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
05 Bab 2 242015024.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
06 Daftar Pustaka 242015024.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Kota Cimahi merupakan salah satu kota berkembang di Provinsi Jawa Barat. Hal tesebut menyebabkan kebutuhan sarana dan prasarana, khususnya sarana pendidikan dan transportasi meningkat. Maka dibutuhkan sarana transportasi yang dapat memenuhi kebutuhan pergerakan. Angkot menjadi salah satu sarana pergerakan di dalam kota, namun angkot memiliki banyak permasalahan yang tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan, sehingga menyebabkan pelajar lebih memilih menggunakan sepeda motor dibandingkan angkot sebagai moda transportasi perjalanan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui probabilitas perpindahan moda kendaraan pribadi sepeda motor ke angkutan kota di kalangan pelajar SMA melalui persepsi pelajar terhadap angkutan kota di Kota Cimahi. Dengan melakukan identifikasi faktor yang mempengaruhi pemilihan angkutan kota, maka dapat diketahui variabel yang menjadi alasan pelajar untuk menggunakan angkutan kota sebagai moda transportasi. Metode analisis dalam penelitian ini terbagi 3. Metode analisis statistik deskriptif dilakukan untuk menggambarkan kondisi waktu dan biaya perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan waktu dan biaya perjalanan menggunakan angkutan kota, dan menggambarkan pelayanan angkutan kota yang diurutkan berdasarkan prioritas pelajar kemudian dibandingkan dengan kondisi eksisting angkutan kota. Metode analisis crosstab dilakukan untuk meilihat pola dan hubungan antara karakteristik pelajar dengan keinginan untuk berpindah ke angkutan kota. Metode analisis probabilitas dilakukan untuk memodelkan antara dua moda pilihan, yaitu kendaraan pribadi berupa sepeda motor dan angkutan kota. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai utilitas penggunaan moda kendaraan pribadi sepeda motor lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai utilitas penggunaan angkutan kota. Hal tersebut menyebabkan peluang terpilihnya angkutan kota oleh pelajar SMA sederajat di Kota Cimahi lebih kecil dibandingkan dengan moda kendaraan pribadi sepeda motor. Kata kunci: Pelajar, Angkutan Kota, Kendaraan Pribadi, Perpindahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorAgustina, RatnaUNSPECIFIED
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 35201 Perencanaan Wilayah dan Kota S1
Depositing User: Erma Sukmaida
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:59
Last Modified: 10 Jun 2021 07:49
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item