Search for collections on Itenas Repository

TA: DESAIN TEBAL PERKERASAN LENTUR UNTUK BERBAGAI DAYA DUKUNG FONDASI JALAN

Ramadhan, Anjas Wahyu (2020) TA: DESAIN TEBAL PERKERASAN LENTUR UNTUK BERBAGAI DAYA DUKUNG FONDASI JALAN. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 Cover 222016196.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02 Abstrak 222016196.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
03 Daftar Isi 222016196.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
04 Bab 1 222016196.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
05 Bab 2 222016196.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
06 Daftar Pustaka 222016196.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi yang mempunyai peran penting di berbagai bidang antara lain Pembangunan dalam bidang prasarana transportasi darat merupakan salah satu program utama Pemerintah untuk mendorong pertumbuhan perekonomian suatu wilayah tersebut. Pembangunan jaringan jalan yang memadai dapat memberikan pelayanan yang baik. Tipe perkerasan yang paling umum digunakan di Indonesia adalah perkerasan lentur (flexible pavement). Tujuan dari penelitian ini untuk mendesain tebal perkerasan jalan baru Lingkar Timur Kuningan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017 dengan melihat berbagai daya dukung tanah yang berbeda-beda. Berdasarkan metode Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) 2017 untuk perkerasan dengan umur rencana 20 tahun diperoleh hasil nilai ESA5 sebesar 37.001.165 rss/lr/ur. ESA untuk mendesain fondasi perkerasan jalan sebesar 138.161.917 rss/lr/ur yang dihitung dengan menggunakan umur rencana = 40 thn. Daya dukung tanah <2,5%, maka dibutuhkan capping layers setebal 1200mm dan ditambah dengan stabilisasi setebal 350mm agar nilai CBR meningkat menjadi 10%. Daya dukung tanah 2,5% maka dibutuhkan stabilisasi setebal 350mm agar nilai CBR meningkat menjadi 10%. Daya dukung tanah 3% maka dibutuhkan stabilisasi setebal 300mm agar nilai CBR meningkat menjadi 12%. Daya dukung tanah 4% maka dibutuhkan stabilisasi setebal 200mm agar nilai CBR meningkat menjadi 10%. Daya dukung tanah 5% maka dibutuhkan stabilisasi setebal 100mm agar nilai CBR meningkat menjadi 8%. Kata kunci: Perkerasan lentur, fondasi, MDP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorSukirman, SilviaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 22201 Teknik Sipil S1
Depositing User: Erma Sukmaida
Date Deposited: 23 Mar 2021 04:28
Last Modified: 21 May 2021 07:23
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item