Search for collections on Itenas Repository

TA: PERBANDINGAN KINERJA SIMPANG TIGA LENGAN ANTARA JALAN SURAPATI DENGAN JALAN PUSDAI DI KOTA BANDUNG SEBELUM DAN SETELAH MENGGUNAKAN APILL

FIKARA, HEKAL LAZUARDY (2020) TA: PERBANDINGAN KINERJA SIMPANG TIGA LENGAN ANTARA JALAN SURAPATI DENGAN JALAN PUSDAI DI KOTA BANDUNG SEBELUM DAN SETELAH MENGGUNAKAN APILL. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
01.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
03.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
04.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
05.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
06.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Peningkatan pergerakan masyarakat menyebabkan kemacetan lalu lintas pada persimpangan. Salah satunya Simpang Tiga Lengan antara Jalan Surapati dengan Jalan Pusdai. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh manajemen dan rekayasa lalu lintas yang dilakukan dengan menggunakan PTV Vissim terhadap kinerja simpang tersebut. Data yang diperoleh pada penelitian ini didapatkan dengan cara survei geometri jalan secara langsung, dan data sekunder berupa kecepatan kendaraan dan volume lalulintas dari Kantor Satker P2JN Kota Bandung. Hasil analisis kinerja simpang setelah dilakukan manajeman dan rekayasa lalu lintas untuk kinerja Simpang Tiga Lengan antara Jalan Surapati dengan Jalan Pusdai jika dibandingkan dengan kondisi eksisting pada lengan Surapati (B) terjadi penurunan sebesar 7,69% untuk panjang antrian dan 42,68% untuk tundaan, lengan Surapati (T) terjadi penurunan sebesar 9,32% untuk panjang antrian dan kenaikan 9,79% pada tundaan, lengan Pusdai (S) terjadi penurunan sebesar 30,56% untuk panjang antrian dan 15,36% untuk tundaan. Setelah dilakukan rekayasa dan manajemen lalu lintas menggunakan PTV VISSIM dapat disimpulkan bahwa dengan ditambahkan APILL pada Simpang Tiga Lengan antara Jalan Surapati dengan Jalan Pusdai mampu menurunkan panjang antrian di seluruh ruas jalan dan kenaikan tundaan hanya terjadi di ruas jalan Surapati (T). Kata Kunci: antrian, tundaan, mikrosimulasi, manajemen dan rekayasa lalu lintas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorSastrodiningrat, ThahirUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 22201 Teknik Sipil S1
Depositing User: Erma Sukmaida
Date Deposited: 15 Mar 2021 08:43
Last Modified: 15 Mar 2021 08:43
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item