Search for collections on Itenas Repository

Probabilitas Peralihan Pengguna Bus DAMRI Kepada Moda Transportasi Light Rail Transit Menggunakan Model Logit Biner

Prayoga, Angga (2017) Probabilitas Peralihan Pengguna Bus DAMRI Kepada Moda Transportasi Light Rail Transit Menggunakan Model Logit Biner. Masters thesis, Institut Teknologi Nasional.

[img]
Preview
Text
Angga Prayoga 83-2014-003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PROBABILITAS PERALIHAN PENGGUNA BUS DAMRI KEPADA MODA TRANSPORTASI LIGHT RAIL TRANSIT MENGGUNAKAN MODEL LOGIT BINER (Angga Prayoga, NRP 83 2014 003, Pembimbing I Dr. Imam Aschuri, Ir., MT, Pembimbing II Dr. Dwi Prasetyanto, Ir., MT., 2017, Program Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional) Seiring dengan pesatnya pertumbuhan moda transportasi di Kota Bandung tercatat pada tahun 2015 terdapat 1.443.217 kendaraan bermotor (BPS Kota Bandung, 2015) dan pada tahun 2016 tercatat sebanyak 1.617.022 kendaraan bermotor (BPS Kota Bandung, 2016). Akibat tidak terkendalinya pertumbuhan kendaraan bermotor sehingga menimbulkan kemacetan di berbagai ruas jalan yang ada di Kota Bandung. Transportasi massal yang telah beroperasi yaitu Bus DAMRI dinilai belum dapat menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan di Kota Bandung, oleh karena itu Pemerintah Kota Bandung akan segera melaksanakan pembangunan Light Rail Transit (LRT) Koridor 1. Dengan adanya LRT diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan yang terjadi di Kota Bandung. Tesis ini bertujuan untuk menghitung probabilitas perpindahan pengguna Bus DAMRI kepada moda transportasi LRT Koridor 1. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuesioner sebanyak 378 sampel responden. Survei data primer dilakukan selama enam hari pada hari Kamis, 3 Agustus 2017 sampai dengan hari Selasa, 8 Agustus 2017. Hasil perhitungan analisis menggunakan model logit biner sehingga didapatkan nilai probabilitas perpindahan pengguna Bus DAMRI. Dengan skema variasi perubahan tarif, jumlah kecelakaan dan waktu tempuh didapat angka peralihan pengguna Bus DAMRI ke LRT sebesar 84% dengan nilai elastisitas < 1. Nilai elastisitas yang didapat menunjukkan jenis inelastis, sehingga skema variasi perubahan tarif, jumlah kecelakaan dan waktu tempuh yang diberikan tidak terlalu berpengaruh terhadap peralihan pengguna Bus DAMRI. Kata Kunci : Logit Biner, LRT, Bus DAMRI, Probabilitas. PROBABILITY OF DAMRI BUS USER DISPLACEMENT TO LIGHT RAIL TRANSIT TRANSPORTATION MODE USING LOGIC BINARY MODEL. (Angga Prayoga, NRP 83 2014 003, Supervisor I : Dr. Imam Aschuri, Ir., MT, and Supervisor II : Dr. Dwi Prasetyanto, Ir., MT., 2017, Master of Civil Engineering, Faculty of Civil Engineering and Planning, National Institute of Technology) Along with the vehicle growth of transportation modes in Bandung City recorded in 2015 there are 1.443.217 vehicles (BPS Bandung, 2015) and in 2016 recorded as much as 1.617.022 vehicles (BPS Bandung, 2016). Due to uncontrolled growth of vehicles causing congestion in various streets in the city of Bandung. Mass transportation that has been operated is DAMRI Bus considered can not be a solution to reduce congestion in Bandung, therefore Bandung City Government will soon implement the construction of Light Rail Transit (LRT) Corridor 1. With the LRT is expected to be a congestion solution that occurred in Bandung. This thesis is intended to calculate the displacement probability of DAMRI Bus user to LRT Corridor 1. Primary data used in this thesis is the questionnaire data as many 378 respondents samples. The primary data survei was conducted for six days on Thursday, August 3, 2017 until Tuesday, August 8, 2017. The result calculation of analysis using binary logit model to get the probability value of DAMRI Bus user movement. With the scheme of variation by tariff change, accidents number and travel time, show result the displacement number of DAMRI Bus user is 84% with elasticity value <1. The elasticity result shows the inelastic type, so the variation scheme of tariff, accidents number and travel time have given does not significantly affect the DAMRI Bus user displacement. Key Words: Binary Logic, LRT, DAMRI Bus, Probability.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsemail
UNSPECIFIEDAschuri, Imamaschuri@itenas.ac.id
UNSPECIFIEDPrasetyanto, DwiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: 8 Magister > 22101 Magister Teknik Sipil S2
Depositing User: Agus Wardana
Date Deposited: 22 Mar 2018 01:25
Last Modified: 22 Mar 2018 01:25
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/7

Actions (login required)

View Item View Item