Pengaruh Variasi Bentuk Draft Tube Jenis Elbow Terhadap Nilai Gaya Drag Sudu Runner Turbin Crossflow Berbasis CFD

Sirojuddin, Sirojuddin and Iman, Fadilah Chaerul (2019) Pengaruh Variasi Bentuk Draft Tube Jenis Elbow Terhadap Nilai Gaya Drag Sudu Runner Turbin Crossflow Berbasis CFD. In: Seminar Nasional – XVIII Rekayasa dan Aplikasi Teknik Mesin di Industri, 19 Desember 2019, Kampus ITENAS – Bandung.

[img]
Preview
Text
34 TKE 04 Pengaruh Variasi Bentuk Draft Tube Jenis Elbow Terhadap Nilai Gaya Drag Sudu Runner Turbin Crossflow Berbasis CFD.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Draft tube merupakan suatu pipa atau saluran yang secara bertahap meningkatkan luas yang menghubungkan saluran keluar runner ke aliran sungai, fungsinya sebagai saluran yang dapat mengkonversi energi kinetik menjadi energi tekanan yang akan hilang begitu saja jika tidak digunakannya draft tube. Pada turbin air penggunaan draft tube adalah untuk meningkatkan effisiensi daya. Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh 5 variasi bentuk draft tube jenis elbow tehadap nilai gaya drag pada sudu runner sehingga diketahui nilai daya turbinnya. Ada 5 varian yang akan diriset, terdiri dari varian DT-1, DT-2, DT-3, DT-4, dan DT-5. Desain mula-mula dibuat dalam bentuk 2D menggunakan AutoCad dan desain yang sudah di matangkan di software 2D di buat dalam bentuk 3D kemudian disimulasikan dalam software CFD. Debit air masuk yang digunakan adalah sebesar 0,0333 m3/s, tinggi jatuh 5,5 m. Dari hasil simulasi CFD SolidWork Flow Simulation diperoleh varian DT-1 yang terbaik dimana aliran pada sudu runner tingkat 1 dan tingkat 2 menghasilkan gaya drag dan daya turbin terbesar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Paper
Depositing User: Agus Wardana
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:18
Last Modified: 08 Jan 2020 07:18
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item