Kajian Fungsi dan Intensitas Bangunan sebagai Akibat Pembangunan Jalan Lingkar Dalam (Studi Kasus Jalan Lingkar Selatan Bandung)

Parliana, Dewi (2009) Kajian Fungsi dan Intensitas Bangunan sebagai Akibat Pembangunan Jalan Lingkar Dalam (Studi Kasus Jalan Lingkar Selatan Bandung). Jurnal Rekayasa, 8 (4). ISSN 1410-3125

[img] Text
FungsiIntensitasBangunanLingkarDalam.pdf

Download (663kB)
Official URL: https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekayasa/in...

Abstract

Penelitian ini mengkaji fungsi dan intensitas bangunan-bangunan yang tumbuh pada koridor jalan Arteri yang diakibatkan oleh pembangunan jalan Arteri itu sendiri, yang berbentuk lengkung dan miring. Kawasan di sepanjang koridor lingkar dalam (Lingkar Selatan) umumnya berasal dari sawah dan kebun yang dimatangkan, kemudian dipecah-pecah menjadi kapling-kapling kecil dengan bentuk dan ukuran beraneka ragam. Premis pada penelitian ini adalah bahwa untuk merencanakan Fungsi Bangunan yang sesuai dengan kebutuhan diperlukan bentuk kapling yang geometris, dengan luas yang memadai. Penelitian ini menganalisis fungsi pada setiap segmen koridor jalan Lingkar selatan, karena fungsi di sepanjang koridor jalan secara visual arsitektural sangat menentukan kualitas koridor jalan itu sendiri. Penelitian juga mengamati intensitas bangunan, sebagai konsekuensi dari penetrasi di sepanjang jalan arteri, dari kampung hunian menjadi usaha kecil seperti kios, bengkel, dan warung. Perubahan fungsi ini mempengaruhi meningkatnya intensitas bangunan, bentuk massa bangunan, dan streetscape.

Item Type: Article
Divisions: Karya Tulis Ilmiah
Depositing User: Asep Kamaludin
Date Deposited: 10 Dec 2019 06:35
Last Modified: 10 Dec 2019 06:35
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item