Analisis Kinerja Sistem Pengamanan Jaringan Dengan Menggunakan Snort IDS Dan IP-Tables Di Area Laboratorium RDNM PT. ”X”

Riyantika, Regina and Lidyawati, Lita and Zul, Ramadhan (2013) Analisis Kinerja Sistem Pengamanan Jaringan Dengan Menggunakan Snort IDS Dan IP-Tables Di Area Laboratorium RDNM PT. ”X”. Jurnal Reka Elkomika, 1 (3). ISSN 2337-439X

[img] Other
119

Download (20kB)
Official URL: https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekaelkomik...

Abstract

Keamanan suatu jaringan seringkali terganggu dengan adanya ancaman dari penyusup (intruder) yang bermaksud merusak sistem pada jaringan komputer ataupun mencuri informasi penting yang ada pada suatu jaringan komputer. Perancangan ini menjaga keamanan jaringan komputer dengan cara melakukan pendeteksian serangan kemudian pencegahan dari jenis serangan Port Scanning dan Denial Of Service. Setelah semua informasi serangan telah terdeteksi oleh SNORT maka user akan mengaktifkan firewall Ip-tables untuk melakukan blocking dari IP address penyerang untuk menolak semua bentuk pengiriman data serangan,seperti yang telah terpaparkan bahwa IP address 192.168.1.100 dan IP address 192.168.1.101 terdeteksi oleh server sebagai penyerang yang menyebabkan kenaikan pada memory pada server dari 123,6 Mb menjadi 177,5 Mb dan setelah IP address intruder terblocking keadaan memory menurun menjadi 135 Mb, begitupun pada pemakaian CPU setelah dilakukan serangan keadaan server meningkat menjadi 87,6 % dari keadaan normal 57,6% dan setelah IP address intruder terblocking, keadaan server kembali normal menjadi 68,3%. Setelah dilakukan proses pendeteksian dan blocking IP address pada penyerang maka sistem jaringan komputer tersebut dikatakan aman.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Karya Tulis Ilmiah
Depositing User: Asep Kamaludin
Date Deposited: 03 May 2018 03:16
Last Modified: 03 May 2018 03:16
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item