Penggantian Pencegahan Selang Hidraulik Mesin Induction Furnace Bercadangan (Kasus di Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero))

Kusmaningrum, Soemadi (2010) Penggantian Pencegahan Selang Hidraulik Mesin Induction Furnace Bercadangan (Kasus di Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero)). JURNAL ITENAS REKAYASA, 14 (3). ISSN ISSN: 1410-3125

[img] Other
68

Download (19kB)
Official URL: https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekayasa/ar...

Abstract

Salah satu proses penting pada Divisi Tempa dan Cor PT.Pindad (Persero) adalah proses pencairan logam pada mesin Induction Furnace yang pengoperasiannya membutuhkan dukungan panel pengendali. Panel tersebut hanya dapat mengendalikan satu mesin di suatu saat. Terdapat dua mesin yang dikendalikan melalui satu panel, sehingga bila salah satu mesin tengah dioperasikan maka mesin yang lain berfungsi sebagai cadangan yang segera digunakan bila mesin yang dioperasikan tersebut mengalami kerusakan. Kerusakan mesin yang paling sering terjadi diakibatkan oleh kebocoran selang hidraulik. Makalah ini menyajikan optimisasi penggantian pencegahan terhadap selang hidraulik dari dua mesin Induction Furnace yang merupakan sistem mesin bercadangan. Optimisasi dilakukan menggunakan pendekatan model pemrograman dinamis. Solusi yang dihasilkan adalah urutan keputusan yang memberikan ekspektasi total biaya penggantian kerusakan dan biaya penggantian pencegahan minimum selama perioda perencanaan terbatas.

Item Type: Article
Divisions: Karya Tulis Ilmiah
Depositing User: Asep Kamaludin
Date Deposited: 12 Mar 2019 08:51
Last Modified: 12 Mar 2019 08:51
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item