PENINGKATAN KUALITAS PRODUK PAN FRAME R, RR BACK DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI PT NUSA INDAH JAYA UTAMA

Fazra, Annisa and Rusmiati, Emi (2018) PENINGKATAN KUALITAS PRODUK PAN FRAME R, RR BACK DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI PT NUSA INDAH JAYA UTAMA. In: Seminar Nasional VII Manajemen & Rekayasa Kualitas 2018, 15 November 2018, Itenas - Bandung.

[img]
Preview
Text
A5 - Annisa Fazra - Poltek STMI, Jakarta.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

PT Nusa Indah Jaya Utama (NIJU) adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif yang melakukan kegiatan stamping dan manufacturing. Dalam upaya mempertahankan kualitas produk, PT NIJU terus berusaha untuk meminimasi jumlahcacat di setiap produksinya. Dari pengumpulan data yang dilakukan dari bulan April sampai dengan Mei 2018, didapatkan bahwa komponen Pan Frame R, RR Back memiliki jumlah cacat terbesar dalam proses produksinya yaitu 2,83% dan crack merupakan jenis cacat yang paling sering terjadi. Dalam permasalahan ini, metode yang digunakan adalah Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk mengidentifikasi mode kegagalan potensial dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan urutan tindakan yang paling tepat untuk dilakukan terlebih dahulu.Dari perhitungan RPN, tiga nilai RPN tertinggi adalah pada mode kegagalan crack dengan penyebab kegagalan sistem pendingin untuk kompresor tidak optimal (480),operator menyepelekan instruksi kerja (448) dan tidak adanya SOP untuk memberikan pelumas (320). Berdasarkan hasil analisis dengan metode AHP didapatkan urutan tindakan perbaikan yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu adalah mengoptimalkan sistem pendingin pada kompresor (0,431), membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk pemberian pelumas (0,210), melakukan briefing setiap pagi untuk operator (0,182) dan melakukan pemeriksaan pada material sebelum diproduksi (0,174).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Paper
Depositing User: Agus Wardana
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:44
Last Modified: 14 Feb 2019 06:44
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item View Item