Analisis Kerapatan Vegetasi Berbasiskan Data Citra Satelit Landsat Menggunakan Teknik NDVI di Kota Bandung Tahun 1990 dan 2017

Hernawati, Rika and Darmawan, Soni (2018) Analisis Kerapatan Vegetasi Berbasiskan Data Citra Satelit Landsat Menggunakan Teknik NDVI di Kota Bandung Tahun 1990 dan 2017. In: Seminar Nasional Rekayasa dan Desain Itenas 2018, Tema: Peranan Rekayasa dan Desain dalam Percepatan Pembangunan Nasional Berkelanjutan, 4 Desember 2018, Kampus Institut Teknologi Nasional - Bandung.

[img]
Preview
Text
D-6 Analisis Kerapatan Vegetasi.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Vegetasi merupakan salah satu unsur penyusun perkotaan yang mempunyai banyak manfaat. Kerapatan vegetasi di Kota Bandung terlihat semakin menurun dikarenakan pembangunan lahan pemukiman. Keberadaan vegetasi di daerah perkotaan dapat diidentifikasi dengan berbagai teknologi, salah satunya menggunakan teknologi pengindraan jauh dengan memanfaatkan metode indeks kerapatan vegetasi, yakni NDVI (Normalized Difference Vegetation Index). Dari data NDVI tersebut akan dianalisis tingkat kerapatan dan perubahan vegetasi yang diturunkan dari data Citra Satelit Landsat tahun 1990, 2000, dan 2017. Data Citra Landsat tersebut sebelumnya dilakukan preprocessing untuk memperbaiki kualitas citra baik secara radiometrik dan geometrik. Hasil dari tingkat kerapatan dan perubahan vegetasi menggunakan NDVI menghasilkan 5 (lima) kelas, yaitu kelas non-vegetasi, kelas tingkat kehijauan sangat rendah, tingkat kehijauan rendah, tingkat kehijauan sedang, dan tingkat kehijauan tinggi. Serta area vegetasi Kota Bandung mengalami penurunan sebesar 59,5% dari total luas Kota Bandung. Kata Kunci : vegetasi, NDVI, Citra Landsat, Kota Bandung.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Paper
Depositing User: Agus Wardana
Date Deposited: 27 Dec 2018 06:04
Last Modified: 27 Dec 2018 06:04
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item