Search for collections on Itenas Repository

LAPORAN PKM - RANCANGAN SITE PLAN DAN GEDUNG SEKOLAH DI PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BOJONGKONENG, KABUPATEN BANDUNG

Anita, Juarni and Kustianingrum, Dwi and Fitriany, Detty and Azka T, Fariz and Rachimatus S, Aliya Nur and Amalia, Putri and Kusumawardani, Dinda Lutfia and Amabel, Stela and Ruchliadi, Deni (2023) LAPORAN PKM - RANCANGAN SITE PLAN DAN GEDUNG SEKOLAH DI PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BOJONGKONENG, KABUPATEN BANDUNG. Project Report. Institut Teknologi Nasional Bandung.

[img]
Preview
Text
PKM Ulul Albab_merged SK Surat Tugas Laporan Akhir.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Itenas ini bertujuan meningkatkan peran dan partisipasi Program Studi Arsitektur dan Desain Interior dalam membangun kesejahteraan masyarakat terutama untuk pengentasan masyarakat yang tersisih secara ekonomi dan sosial, memberikan saran dan solusi berdasarkan kajian akademik terhadap kebutuhan atau masalah yang dihadapi mitra. Hibah PKM Unggulan ini juga akan memperhatikan rancangan tapak dan bangunan yang sustainable, yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan agar selaras dengan road map PKM Itenas. Mitra dalam Hibah PKM ini terdiri dari dua mitra, yaitu mitra pertama adalah Pondok Pesantren Ulul Albab Bojongkoneng yang bergerak dalam bidang pendidikan Agama Islam. Pondok pesantren adalah sebuah tempat pendidikan tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar dibawah bimbingan guru yang dikenal dengan sebutan kyai atau ustad dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya (Isnaini, 2019). Sebagian besar santri di Pondok Pesantren Ulul Albab adalah kaum dhuafa sehingga mereka tidak mampu membayar uang sekolah rutin setiap bulan. Dampaknya pesantren mengalami hambatan dana dalam menyediakan fasilitas pendidikan, khususnya fasilitas sekolah. Saat ini, pesantren belum memiliki gedung sekolah yang permanen. Proses pembelajaran dilakukan di masjid dan tiga saung semi permanen untuk semua tingkatan, SD (Madrasah Ibtida’iyah), SMP (Tsanawiyah), dan SMA (Aliyah). Pesantren kekurangan fasilitas untuk proses pembelajaran karena saung tersebut tidak dapat digunakan apabila hujan deras. Pesantren memiliki lahan seluas 5.400 m2, tapi belum tertata dengan baik dan masih ada sepertiga lahan kosong yang direncanakan untuk pembangunan sekolah yang belum dibangun. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Ulul Albab perlu dibantu untuk menata lahan di tapaknya melalui perancangan site plan, dan rancangan gedung sekolah beserta rancangan interior ruang dalam sekolah. Dengan demikian, apabila gambar site plan dan gedung sekolah sudah ada, dapat digunakan untuk mencari dana supaya gedung sekolah bisa dibangun. Apabila gedung sekolah nantinya dibangun, pemberdayaan guru-guru akan meningkat dalam proses pembelajaran, dan santri pun lebih nyaman belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 23201 Arsitektur S1
Depositing User: Agus Wardana
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:28
Last Modified: 31 Jan 2024 09:09
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/2559

Actions (login required)

View Item View Item