Desrianty, Arie and Wahyuning, Caecilia Sri and Rachman, Adnan Fauzi (2010) RANCANGAN KONSEP RESTORAN KELUARGA DENGAN KETERSEDIAAN JASA PEMOTRETAN MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING. In: Seminar Nasional Mesin dan Industri (SNMI6) 2010, 11 Novermber 2010, Auditorium Gedung Utama, Universitas Tarumanegara.
|
Text
8. RANCANGAN KONSEP RESTORAN KELUARGA DENGAN KETERSEDIAAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Restoran merupakan suatu tempat yang dapat mengakomodasi seseorang atau sekelompok orang untuk dapat menikmati hidangan selain di rumah. Rata-rata konsumen yang datang ke restoran adalah suatu keluarga. Mereka sengaja datang ke restoran untuk menikmati hidangan dalam suasana yang baru bersama keluarga. Hal ini tentunya akan lebih baik jika peristiwa tersebut dapat diabadikan sehingga lebih berkesan. Untuk itu dibutuhkan fasilitas jasa pemotretan dalam suatu restoran yang dapat melayani konsumen untuk mengabadikan peristiwa-peristiwa yang diinginkan. Untuk merancang restoran yang dimaksud, dibutuhkan peran konsumen sebagai sumber informasi. Restoran yang dirancang tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi yang diinginkan konsumen. Metode perancangan yang mampu mengakomodasi hal tersebut adalah Kansei Engineering. Metode ini menggunakan emosi konsumen yang dituangkan ke dalam suatu bentuk kata-kata. Melalui kata-kata tersebut, seorang perancang dapat merefleksikan keinginan konsumen menjadi suatu bentuk produk atau jasa. Untuk melengkapi penelitian ini, dibutuhkan sejumlah atribut yang berkaitan dengan Kansei (emosi) konsumen. Atribut-atribut tersebut tentunya harus ditunjang dengan berbagai literatur sehingga dapat diterapkan ke dalam rancangan yang dimaksud. Secara teoritits, terdapat beberapa alternatif perancangan yang dapat diterapkan pada restoran ini. Alternatif-alternatif ini diperoleh berdasarkan hasil pengelompokkan yang dilakukan dengan metode analisis faktor. Untuk memilih alternatif perancangan tersebut dibutuhkan peran konsumen dan perancang itu sendiri sehingga alternatif yang terpilih merupakan alternatif terbaik berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang ada. Sejumlah Kansei konsumen akan digabungkan dengan atribut yang berkaitan menggunakan metode Hayashi’s Quantification Theory Type I. Metode ini lebih bersifat objektif karena mampu melibatkan penilaian konsumen yang dituangkan ke dalam suatu bentuk kuesioner. Hasil akhir dari perancangan ini berupa suatu konsep restoran keluarga yang melibatkan jasa pemotretan di dalamnya. Dengan adanya rancangan ini, konsumen yang mayoritasnya adalah suatu keluarga, dapat menikmati hidangan sambil berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain. Tidak hanya itu, dengan adanya jasa pemotretan, momen-momen bersama keluarga saat berada di restoran dapat diabadikan dan hasilnya dapat dipajang di dinding restoran. Hal ini dapat dijadikan sebagai daya tarik sebuah restoran dalam memikat konsumen agar tetap loyal. Kata kunci : Kansei Word, keinginan konsumen, Kansei Engineering.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Divisions: | Paper |
Depositing User: | Azizullah Putri Akbar |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 02:59 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 02:59 |
URI: | http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/2469 |
Actions (login required)
View Item |