Koefisien Perpindahan Panas Konveksi dan Simulasi Distribusi Temperatur Aliran Fluida pada Penukar Kalor Pipa Ganda dengan Pipa Spiral

Sari, Sri Poernomo and Suryady, Sandy and Astuti, (2018) Koefisien Perpindahan Panas Konveksi dan Simulasi Distribusi Temperatur Aliran Fluida pada Penukar Kalor Pipa Ganda dengan Pipa Spiral. In: Seminar Nasional – XVII Rekayasa dan Aplikasi Teknik Mesin di Industri, 21-22 November 2018, Kampus ITENAS – Bandung.

[img]
Preview
Text
TKE-5 Koefisien Perpindahan Panas Konveksi dan Simulasi Distribusi Temperatur Aliran.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Penukar kalor pipa ganda tipe counterflow banyak digunakan untuk keperluan indutri. Penggunaan energi optimal sangat ditentukan oleh nilai koefisien perpindahan panas konveksi. Penukar kalor pipa ganda menggunakan pipa spiral untuk mengalirkan fluida panas sangat efektif karena penurunan temperatur semakin banyak dihasilkan. Tujuan penelitian adalah menganalisis nilai koefisien perpindahan panas konveksi dan distribusi temperatur aliran fluida pada Penukar kalor pipa ganda tipe counterflow dengan pipa spiral menggunakan perangkat lunak solidworks. Dua buah pipa dari bahan stainless steel digunakan dalam penelitian yaitu pipa circular dengan panjang 996 mm diameter 83,5 mm untuk fluida pendingin dan pipa spiral panjang 986 mm diameter 11 mm untuk fluida panas. Fluida yang digunakan adalah air murni dan temperatur dikontrol untuk air panas 85 °C, air pendingin 17 ºC dan 32 ºC. Debit aliran 0,0001625 m3/s untuk fluida panas dan fluida pendingin dijaga konstan. Hasil menunjukan bahwa temperatur fluida pada inlet fluida air panas 85 °C dengan fluida air pendingin 17 °C mengalami penurunan 15°C dan peningkatan 5°C. Kemudian fluida yang masuk pada inlet temperatur air panas dengan pendingin air murni 32 °C mengalami penurunan temperatur 12°C dan peningkatan 4°C. Nilai koefisien perpindahan panas konveksi dipengaruhi oleh geometri, diameter, variasi temperatur dan debit aliran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Divisions: Paper
Depositing User: Asep Kamaludin
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:26
Last Modified: 04 Dec 2018 03:26
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item