Search for collections on Itenas Repository

PROBABILITAS PENGGUNA KERETA API CEPAT JAKARTA BANDUNG MENGGUNAKAN MODEL LOGIT BINER

Manggala, Kartika Seinari and Sudiatmono, Dwi Prasetyanto (2016) PROBABILITAS PENGGUNA KERETA API CEPAT JAKARTA BANDUNG MENGGUNAKAN MODEL LOGIT BINER. In: Konferensi Nasional Teknik Sipil 10 Universitas Atma Jaya, 26-27 Oktober 2016, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
e OK 2016-10 (Konteks 10) Probabilitas Pengguna Kereta Api Cepat Jakarta Bandung Menggunakan Model Logit Biner.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kereta api cepat Jakarta ke Bandung adalah proyek kereta api berkecepatan tinggi yang diusulkan di Indonesia, menghubungkan ibu kota Jakarta ke kota Bandung dan sebaliknya. Pengembangan kereta api berkecepatan tinggi antara Jakarta-Bandung diakui sebagai salah satu koridor infrastruktur transportasi untuk mendukung pembangunan ekonomi. Keuntungan kereta api berkecepatan tinggi adalah kualitas pelayanan yang lebih baik, waktu perjalanan lebih cepat, lebih cepat waktu bongkar muat, dan keamanan yang lebih tinggi. Kelemahannya terutama terletak pada kebisingan dan biaya investasi yang lebih tinggi. Biaya investasi yang tinggi akan terkait dengan tarif penumpang kereta api. Tujuan penelitian adalah untuk membuat model utilitas yang digunakan untuk menentukan probabilitas pengguna kereta cepat Jakarta Bandung. Survei dilakukan di kota Bandung berupa survei wawancara Stated Choice (SC), dengan meminta individu untuk memilih di antara berbagai alternatif tingkat atribut yang berbeda-beda sesuai dengan desain statistik untuk memaksimalkan ketepatan perkiraan. Percobaan SC dievaluasi dari profil perjalanan dalam batasan waktu perjalanan, resiko kecelakaan, dan tarif. Model utilitas yang dihasilkan untuk kereta regular (KR) dan kereta cepat (KC), yaitu: VKR = – 0,174 – 0,00720 x WAKTUKR – 0,512 x FATALKR – 0,0000134 x TARIFKR dan VKC = – 0,00720 x WAKTUKC – 0,512 x FATALKC – 0,0000134 x TARIFKC Dengan tarif kereta cepat antara Rp. 190.000,- sampai Rp. 410.000,- diperoleh probabilitas pengguna kereta cepat sebesar 74% sampai 13%. Rata-rata perubahan tarif sebesar Rp. 10.000,- akan mengakibatkan penurunan pengguna kereta cepat sekitar 3%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Paper
Depositing User: Azizullah Putri Akbar
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:26
Last Modified: 24 Feb 2023 08:26
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item