Search for collections on Itenas Repository

Tingkat Pelayanan Check-In Counter Lion Air Di Bandara Internasional Husein Sastranegara Kota Bandung Menggunakan Metode Antrian

ERLANGGA, ANGGA and Prasetyanto, Dwi and Widianto, Barkah Wahyu (2016) Tingkat Pelayanan Check-In Counter Lion Air Di Bandara Internasional Husein Sastranegara Kota Bandung Menggunakan Metode Antrian. RekaRacana: Jurnal Teknil Sipil, 2 (1). ISSN ISSN 2477-2569

[img]
Preview
Text
c OK 2016-03 (Rekaracana) Tingkat Pelayanan Chek-In Lion Air di Bandara Internasional Husein.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maskapai Lion Air di Bandara Internasional Husein Sastranegara mempunyai 6 unit fasilitas check-in counter yang berfungsi untuk pelayanan tiket pesawat terkait dengan keberangkatan. Ketidaksesuaian antara waktu pelayanan dan waktu kedatangan mengakibatkan adanya antrian penumpang. Pada penelitian ini, metode antrian dapat digunakan untuk mengurangi waktu tunggu bagi penumpang di antrian berdasarkan PM No 49 2012. Hasil perhitungan memperlihatkan waktu menunggu penumpang dalam antrian untuk kota Denpasar dan Surabaya lebih besar dari 20 menit dan waktu pelayanan penumpang untuk kota Denpasar dan Surabaya lebih besar dari 2 menit 30 detik. Pada kondisi eksisting terdapat 3 unit fasilitas check-in counter untuk kota tujuan Denpasar dan Surabaya, sementara berdasarkan hasil perhitungan SKEP/77/VI/2005 jumlah kebutuhan check-in counter Lion Air untuk kota tujuan Denpasar dan Surabaya adalah 8 unit f

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Karya Tulis Ilmiah
Depositing User: Azizullah Putri Akbar
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:23
Last Modified: 24 Feb 2023 07:23
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item View Item