PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENGENALAN KATA DALAM BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN SPEECH RECOGNITION

Nurhasanah, Youllia Indrawaty and Zulkarnain, Andriana and Rianto[, Reza (2018) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENGENALAN KATA DALAM BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN SPEECH RECOGNITION.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENGENALAN KATA.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Ali, M (2005) menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis komputer mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap daya tarik siswa untuk mempelajari kompetensi yang diajarkan. Dalam pembelajaran anak usia dini, dibutuhkan media pembelajaran seperti permainan edukatif. Permainan tebak gambar dapat membantu meningkatkan penguasaan kosakata anak-anak usia dini. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibangun suatu aplikasi pembelajaran pengenalan kata dalam bahasa Indonesia berupa permainan tebak gambar dengan menggunakan multimedia interaktif dan menerapkan speech recognition. Pada permainan tebak gambar, sistem akan memberi skor persentase keakuratan pengucapan kata untuk setiap jawaban. Persentase didapat dengan menggunakan algoritma Jaro Winkler distance yang mengukur kesamaan antara dua string, dan algoritma Levenshtein distance yang menghitung jumlah perbedaan string antara dua string. Setelah dilakukan uji beta, 49% responden anak-anak preschool memilih setuju aplikasi pembelajaran pengenalan kata menarik, 32.5% memilih biasa saja dan 18.5% memilih sangat setuju.

Item Type: Article
Divisions: Karya Tulis Ilmiah
Depositing User: Asep Kamaludin
Date Deposited: 09 Nov 2018 06:50
Last Modified: 09 Nov 2018 06:50
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item