Algoritma A* Dalam Peletakan Pola Pakaian Pada Kain

Main Article Content

Irma Amelia Dewi Asep Nana H Safira Dwi Aryanti P

Abstract

Strip Packing Problem (SPP) merupakan permasalahan dalam peletakan suatu pola dari objek yang beraturan ataupun tidak beraturan pada sebuah wadah berukuran tertentu. Salah satu kasus dalam SPP biasanya dialami oleh perusahaan konveksi dalam memproduksi pakaian secara masal. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana meletakan pola-pola pakaian di atas kain agar memperoleh optimalisasi dalam penggunaan bahan dan mengurangi sisa kain yang berlebih. Salah satu metode yang digunakan untuk dalam permasalahan SPP ini menggunakan Algoritma A*. Setiap pola pada satu jenis model pakaian yang ditentukan pengguna dihitung luas polanya dan diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar. Kemudian pola dipetakan di atas kain dengan ukuran tertentu hingga mencapai kuantitas pakaian yang diinginkan terpenuhi. Pada penelitian ini hanya fokus pemetaan untuk mencapai efisiensi keterpakaian bahan. Model baju yang diujikan adalah pakaian wanita: kaos & kemeja lengan panjang & pendek, celana panjang dan rok panjang. Pola dibuat dalam bentuk Scalable Vector Graphics (SVG) berupa titik koordinat x dan y. Dari hasil pengujian pola diperoleh efisiensi keterpakaian bahan mencapai 68%, hal ini dipengaruhi oleh faktor pemetaan dari besaran luas yang terkecil ke terbesar secara iteratif sehingga memungkinkan adanya ruang kosong(sisa) antar pola yang tidak terpakai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
DEWI, Irma Amelia; NANA H, Asep; ARYANTI P, Safira Dwi. Algoritma A* Dalam Peletakan Pola Pakaian Pada Kain. JURNAL INFOTEL, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 443-453, nov. 2017. ISSN 2460-0997. Available at: <http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/330>. Date accessed: 02 apr. 2018. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v9i4.330.
Section
Articles

References

[1] H. Kuswardayan, Arieshanti and A. Irooyan, "Penerapan Algoritma Alpha Beta Prunning Sebagai Kecerdasan Buatan pada Game Pawn Battle," Infotel, vol. 9 No.2, 2017.
[2] A. Ambarwari and N. W. Yanti, "Penerapan Algoritma Greedy Pada Permasalahan Knapsack Untuk Optimasi Pengangkutan Peti Kemas," 2016. [Online]. Available: Researchgate.net. [Accessed 30 9 2017].
[3] D. Putra, M. Aswin and W. Djurianto, "Pencarian Rute Terdekat pada Labirin Menggunakan Metode A*," Jurnal EECCIS, Vols. Vol 6, No.2, 2012.
[4] Yuliana, Ananda and I. Surya, "Implementasi Algoritma A Star pada Pemecahan Puzzle 8," Jurnal Teknik Informatika, vol. 1, 2012.
[5] F. Harianja, "Penerapan Algoritma A* pada Permasalahan Optimalisasi Pencaian Solusi Dynamic Water Jug," Pelita Informatika Budi Darma, Vols. 4, No.3, 2013.
[6] S. Herawati, "Peramalan Kunjungan Wisatawan Mancanegara Menggunakan Generalized Regression Meural Networks," Jurnal Infotel, Vols. 8, No.1, 2016.
[7] S. Welianto, G. Santosa and A. Rachmat, "Implementasi Algoritma Generate ans Test pada Pencarian Rute Terpendek," Jurnal Informatika Universitas Kristen Duta Wacana, Vols. Vol 7, No.2, 2011.
[8] D. Delling, P. Sanders, D. Schultes and D. Wagner, "Algorithmics of Large and Complex Network:Design, Analysis and Simulation," Springer, pp. 117-139, 2009.
[9] W. P. Sari, W. Gazali and H. Soeparno, "Perancangan Program Aplikasi optimasi Peletakan Posisi Label Kertas atau Plastik Menggunakan Metode A* Heuristic," ePrint Library Binus, Jakarta, 2013.
[10] D. Rochman and S. Christian, "Optimasi Pemotongan Bahan Kaos Polo di PT.MGJ Menggunakan Integer Programming," in Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Yogyakarta, Yogyakarta, 2011.
[11] M. Warih, "Analisis Algoritma Ant Colony Optimization (ACO) dan Local Search untuk Optimasi Pemotongan bahan Baku," in Seminar Nasional Aplikasi Telnologi Informasi, Yogyakarta, 2009.
[12] Wijarnako, Fitrian and Wahyu, "Pencarian Solusi Optimal Cutting Stock Problem dengan Menggunakan Firefly Algorithm," OpenLibrary Telkom University, Bandung, 2014.
[13] D. J. Parlinggoman, "Optimasi Pemakaian Bahan Baku Dengan Algoritma Program Dinamis Sekuensial," http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2011-2012/Makalah2011/, Bandung, 2011.
[14] L. W. Santoso, "Penerapan Metode Sequensial Dynamic Programming untuk Optimasi Pemakaian Bahan baku pada Industri Manufaktur," fportfolio.petra, Surabaya, 2014.
[15] Y. I. Nurhasanah, M. Ichwan and I. A. Dewi, "Perancangan dan Realisasi Sistem Pakar untuk Menentukan Ukuran Pola dan Desain Busana," Jurnal Informatika Itenas, Vols. Vol 1, No. 3, pp. 38-57, 2012.
[16] Accelware, "Pixel (X) to Meter Conversion," 2009. [Online]. Available: Unitconversion.org. [Accessed 12 Mei 2017].
[17] W. Zeng and L. R. Crurch, "Finding Shortest Path on Real Road Network the Case for A*," International Journal of Geographical Information Science, pp. 531-543, 2009.
[18] V. Mutiana, F. Amastini and N. Mutiara, "Optimasi Pencarian Jalur dengan Metode A-Star," Jurnal ULTIMACS , Vols. Vol 5, No.2, 2013.