Search for collections on Itenas Repository

TA: ANALISIS PENGARUH SPEED BUMP TIDAK STANDAR TERHADAP PROFIL KECEPATAN KENDARAAN RODA EMPAT TIPE MULTI-PURPOSE VEHICLE PADA JALAN LINGKUNGAN

Baharudin, Muhammad Fadillah (2021) TA: ANALISIS PENGARUH SPEED BUMP TIDAK STANDAR TERHADAP PROFIL KECEPATAN KENDARAAN RODA EMPAT TIPE MULTI-PURPOSE VEHICLE PADA JALAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Kecepatan kendaraan terkadang tidak dapat terkendali pada jalan lingkungan disebabkan kurangnya alat pengendali kecepatan yang tidak terpasang sehingga mengakibatkan kecelakaan. Kecepatan yang tidak terkendali tersebut mengakibatkan wilayah perumahan memasang alat pengendali kecepatan yaitu speed bump dengan tujuan untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Speed bump yang terpasang umumnya terdapat dengan kondisi tidak standar. Ketidakstandaran speed bump menjadi pertanyaan bagaimanakah dampak terhadap penurunan kecepatan kendaraan terhadap speed bump dengan kondisi tidak standar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh speed bump tidak standar terhadap kecepatan kendaraan. Penelitian ini mengumpulkan data kecepatan pada empat lokasi perumahan di Kota Bandung dengan bantuan Software Logger Pro serta analisis data yang digunakan yaitu metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan pengaruh signifikan pada penurunan kecepatan terdapat pada visual pengendara, seperti penggunaan marka pada speed bump dan perbedaan material antara speed bump dengan jalan. Sedangkan untuk dimensi speed bump tidak berpengaruh secara signifikan. Temuan ini membuktikan pemasangan speed bump yang terdapat marka atau perbedaan material speed bump dengan jalan lebih berpengaruh untuk dapat mengurangi kecepatan kendaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorMaulana, AndreanUNSPECIFIED
Thesis advisorRizki, MuhamadUNSPECIFIED
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 22201 Teknik Sipil S1
Depositing User: Asep Kamaludin
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:23
Last Modified: 13 Oct 2021 02:23
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1785

Actions (login required)

View Item View Item