Search for collections on Itenas Repository

TA: EVALUASI KINERJA JEMBATAN APUNG DENGAN FONDASI PONTON TIPE TERAPUNG TERPISAH UNTUK PEJALAN KAKI

Ramadhan, Heikal Fajar (2021) TA: EVALUASI KINERJA JEMBATAN APUNG DENGAN FONDASI PONTON TIPE TERAPUNG TERPISAH UNTUK PEJALAN KAKI. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Jembatan apung merupakan jenis jembatan yang menggunakan air sebagai fondasi, dimana ponton menjadi media yang memanfaatkan daya apung dari aliran air sungai ataupun danau. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perilaku struktur jembatan dengan ponton sebagai fondasi. Parameter lokasi dan topografi perencanaan jembatan merupakan paramater asumsi yang menjadi input perencanaan jembatan ini. Evaluasi dilakukan dengan menganalisis struktur jembatan terhadap beban mati dan beban hidup dengan menggunakan perangkat lunak analisis struktur dan juga perhitungan manual dari referensi teoritis. Dari hasil analisis struktur tersebut diperoleh perilaku ponton sebagai fondasi menerima beban axial maksimum sebesar 51,3 kN mengacu kepada setiap kombinasi pembebanan baik beban hidup simetris maupun asimetris dimana ponton berada diatas pegas dengan koefisien 121,16 kN/m. Selain itu struktur jembatan dievaluasi terhadap beban gaya seret air pada setiap ponton sebesar 1,815 kN. Dari hasil analisis manual fondasi ponton memiliki kapasitas apung per ponton sebesar 10,84 ton dengan volume ponton yang tenggelam sebesar 11,02 m3 dan draft ponton yang tenggelam 0,85 m. Sehingga dari hasil iterasi analisis struktur diketahui ponton menyisakan freeboard setinggi 0,65 m. Dari kondisi tersebut maka diketahui dengan kombinasi perilaku fleksibilitas struktur dan deformasi ponton yang terpisah, jembatan masih dapat memenuhi persyaratan keamanan bagi pejalan kaki yang melintas jembatan dan dapat memenuhi kaidah kekuatan struktur dari aspek perencanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorSukmara, GatotUNSPECIFIED
Thesis advisorWidyaningsih, EunekeUNSPECIFIED
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 22201 Teknik Sipil S1
Depositing User: Asep Kamaludin
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:23
Last Modified: 07 Oct 2021 04:34
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item