TA : KEBUTUHAN JALUR HIJAU PENYERAP EMISI GAS KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS: KORIDOR JALAN JENDERAL SUDIRMAN KOTA BANDUNG)

Fahira, Anggita (2020) TA : KEBUTUHAN JALUR HIJAU PENYERAP EMISI GAS KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS: KORIDOR JALAN JENDERAL SUDIRMAN KOTA BANDUNG). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.

[img]
Preview
Text
01 Cover 242016042.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 Abstrak 242016042.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 Daftar Isi 242016042.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 Bab 1 242016042.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 Bab 2 242016042.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 Daftar Pustaka 242016042.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan ruang terbuka hijau sebagai salah satu cara efektif yang diperlukan untuk meminimalisir dampak negatif dari emisi gas buang yang menyebabkan pencemaran udara. Ruang Terbuka Hijau (RTH) berdasarkan bentuknya dapat berupa jalur hijau. Jalan Jenderal Sudirman merupakan jalan arteri sekunder kawasan yang didominasi oleh kegiatan perdagangan dan jasa, jalan ini merupakan penghubung antara pusat Kota Bandung dengan Kota Bandung Bagian Barat dan berperan sebagai pelayanan jasa distribusi untuk masyarakat dalam kota sehingga volume kendaraan yang melewati pada koridor jalan tersebut menjadi polutan penyebab emisi gas buang kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan jalur hijau jalan untuk mengurangi emisi gas buang kendaraang yaitu emisi gas CO dan NO2 yang disebabkan oleh bahan bakar kendaraan. Untuk mengidentifikasi penelitian ini menggunakan jenis penelitian prediksi desktiptif kuantitatif yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan secara kuantitatif digunakan untuk menjelaskan hasil observasi dalam bentuk angka. Data angka berupa jumlah eksisting vegetasi dan volume kendaraan yang melewati koridor jalan dan jenis penelitian prediksi dengan memperkirakan jenis, jarak tanam dan jumlah vegetasi. Hasil dari penelitian ini, dengan dilakukan penanaman jenis pohon dengan daya serap emisi yang lebih tinggi serta jumlah unit pohon yang lebih banyak dari jumlah vegetasi eksisting saat ini dapat mernyerap emisi gas buang kendaraan pada koridor Jalan Jenderal Sudirman Kota Bandung lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
TeacherAzahro, MustoviaUNSPECIFIED
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 35201 Perencanaan Wilayah dan Kota S1
Depositing User: Azizullah Putri Akbar
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:00
Last Modified: 17 Sep 2021 07:15
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item View Item