TA: ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS KENDARAAN BERMOTOR DAN KERETA API SERTA REKOMENDASI MITIGASI (STUDI KASUS : SD NEGERI 001 MERDEKA KOTA BANDUNG

Rahman, Muhammad Fajar (2021) TA: ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS KENDARAAN BERMOTOR DAN KERETA API SERTA REKOMENDASI MITIGASI (STUDI KASUS : SD NEGERI 001 MERDEKA KOTA BANDUNG. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
01.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
03.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
04.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
05.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
06.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Salah satu yang menerima kebisingan kendaraan bermotor dan kereta api yaitu masyarakat yang beraktivitas di sekitar rel kereta api karena sekolah merupakan tempat untuk belajar dan menuntut ilmu atau kegiatan yang telah dilakukan seharian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kebisingan terhadap aktivitas kegiatan sekolah. Pengukuran dilakukan sebanyak 25 titik dan menggunakan aplikasi sound meter yang telah di validasi oleh alat sound level meter sebagai alat ukur selama 11 jam. Pengolahan data kebisingan dihitung dengan tingkat kebisingan ekuivalen (Leq) dan prediksi tingkat kebisingan menggunakan model CoRTN dibandingkan hasil pengukuran (Leqday) dengan peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No.48 tahun 1996, dan dilakukan pemetaan kontur menggunakan software surfer 11. Kebisingan tertinggi yang terjadi pada hasil pengukuran kebisingan dasar (Leqday) mencapai 91,54 dB pada titik V. Hasil pemetaan kontur dari software surfer 11, tingkat kebisingan tertinggi terletak pada jalan yang dilintasi kendaraan dan mencapai 87 dB hingga akhirnya mengalami penurunan pada jarak tertentu dari titik tertinggi kebisingan di seluruh area titik pengukuran. Hasil perbandingan antara barrier alami dengan barrier buatan yaitu barrier buatan mampu mengurangi kebisingan hingga 12 dB dan barrier alami hanya mampu mengurangi 1 dB. Hasil prediksi tingkat kebisingan kendaraan bermotor sebesar 63,60 dB. Dikarenakan tingkat kebisingan yang cukup tinggi, maka diberikan solusi mitigasi kebisingan untuk mengurangi tingkat kebisingan yang terjadi oleh kendaraan bermotor dan kereta api salah satunya dengan melakukan pemasangan barrier buatan dan pengaturan lalu lintas. Kata kunci : Tingkat Kebisingan, Barrier, CoRTN, Pemetaan Kontur, Mitigasi kebisingan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorPermadi, Didin A.UNSPECIFIED
Thesis advisorDirgawati, MilaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 25201 Teknik Lingkungan S1
Depositing User: Erma Sukmaida
Date Deposited: 29 Apr 2021 02:50
Last Modified: 29 Apr 2021 02:50
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item