TA: ANALISIS PERUBAHAN HARGA LAHAN DAN KONDISI EKONOMI MASYARAKAT AKIBAT ADANYA GERBANG TOL CIKOPO-PALIMANAN SUBANG, KABUPATEN SUBANG

Cahya, Buang Suryadi (2021) TA: ANALISIS PERUBAHAN HARGA LAHAN DAN KONDISI EKONOMI MASYARAKAT AKIBAT ADANYA GERBANG TOL CIKOPO-PALIMANAN SUBANG, KABUPATEN SUBANG. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 Cover 242016061.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02 Abstrak 242016061.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
03 Daftar Isi 242016061.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
04 Bab 1 242016061.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
05 Bab 2 242016061.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
06 Daftar Pustaka 242016061.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Subang merupakan daerah terpanjang yang terkena pembebasan lahan pembangunan jalan Tol Cipali, sepanjang 40 Km. Pembebasan lahan telah menyebabkan permukiman, perkebunan dan lahan pertanian masyarakat hilang. Pembangunan ini seharusnya tidak banyak menggunakan lahan perkebunan dan pertanian begitu banyak karena sektor perkebunan dan pertanian merupakan sumber mata pencaharian dan pendapatan masyarakat. Setelah adanya tol, kondisi sekitar gerbang tol menjadi ramai, ditandai dengan meningkatnya aksesibilitas dan kawasan terbangun. Akibatnya kebutuhan akan lahan di sekitar gerbang tol terus meningkat dan menyebabkan harga jual lahan ikut naik. Berdasarkan hal ini, penulis ingin mengkaji bagaimana perubahan harga lahan dan kondisi ekonomi masyarakat di sekitar gerbang Tol Cipali Subang. Wilayah penelitian diambil dalam radius 1 km, instrumen penelitian terdiri atas observasi dan kuisioner, jumlah sampel sebanyak 65 responden, analisis data yang digunakan yaitu deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan harga lahan di sekitar gerbang tol mulai terjadi pada tahun 2015-2018 dan tahun 2019. Perubahan terjadi pada mata pencaharian responden sebelum adanya jalan tol, lebih dominan mata pencaharian petani sebesar 73,8% pada tahun 2010 dan setelah adanya jalan tol menjadi lebih dominan mata pencaharian pedagang sebesar 56,9% pada tahun 2019. Perubahan terjadi pada pendapatan respondensebelumadanya jalan tol pada tahun 2010, sebagian besar pendapatan yang diterima berkisar Rp. 501.000 – Rp. 1.500.000, sebayak 30 responden atau 46%. Setelah adanya jalan tol, sebagian besar pendapatan yang diterima responden pada tahun 2019 berkisar > Rp. 2.500.000, sebanyak 24 responden atau 36,9%. Kata Kunci: Pembangunan Jalan Tol Cipali, Perubahan Harga Lahan, Mata Pencaharian dan Pendapatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorRaharjo, Sadar YuniUNSPECIFIED
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 35201 Perencanaan Wilayah dan Kota S1
Depositing User: Erma Sukmaida
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:18
Last Modified: 17 Sep 2021 07:14
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1564

Actions (login required)

View Item View Item