Search for collections on Itenas Repository

TA: ANALISIS STABILITAS DAN DEFORMASI TEROWONGAN NANJUNG DENGAN PENDEKATAN NUMERIK DUA DIMENSI

Saifudin, Rizky (2021) TA: ANALISIS STABILITAS DAN DEFORMASI TEROWONGAN NANJUNG DENGAN PENDEKATAN NUMERIK DUA DIMENSI. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 Cover 222015166.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02 Abstrak 222015166.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
03 Daftar Isi 222015166.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
04 Bab 1 222015166.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
05 Bab 2 2222015166.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
06 Daftar Pustaka 222015166.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Terowongan Nanjung yang berbentuk tapak kuda memiliki Panjang 230 m dan lebar 9,4 m berlokasi di Curug Jompong. karena Curug Jompong merupakan situs budaya warisan dunia yang diakui oleh United Nations Educational, Scientific, Cultural Organization, sehingga menurut kesepakatan dunia Curug Jompong ini harus dibiarkan alami dan tidak boleh dihancurkan. Stabilitas tanah pada saat kontruksi dan jenis perkuatan yang digunakan merupakan salah satu permasalahan yang kerap terjadi ketika akan membuat konstruksi terowongan nanjung.Beberapa faktor yang mempengaruhi permasalahan tersebut adalah terjadi penyempitan saluran. Dimensi saluran yang mengecil mengakibatkan kapasitas saluran menjadi sedikit. Tinggi muka air sebelum melewati Curug Jompong mengalami kenaikan akibatnya air meluap dan terjadi banjir di Kabupaten Bandung. Alternatif untuk menganalisis stabilitas tanah dan perkuatan pada saat konstruksi yaitu menggunakan Plaxis 2D. Hasil analisis yang didapat dengan menggunakan program plaxis 2D yaitu besarnya nilai deformasi sebesar potongan T-225 0.08236m dan potongan T-110 0.00347m yang terjadi di bagian atas terowongan. Nilai gaya dalam axial force, shear force, dan bending moment didapat 967,3 kN/m, 421,1 kN/m, 578,5 kNm/m. Serta dengan nilai Faktor keamanan lereng yang didapat yaitu sebesar 1,503.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorHamdhan, Indra NoerUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 22201 Teknik Sipil S1
Depositing User: Azizullah Putri Akbar
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:27
Last Modified: 22 Apr 2021 03:27
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item View Item