TA: PEMBUATAN, PENERAPAN DAN PENGUJIAN MEKANISME KOMPONEN SUSPENSI DEPAN MOBIL LISTRIK KMLI

HIDAYAT, ANDRI (2021) TA: PEMBUATAN, PENERAPAN DAN PENGUJIAN MEKANISME KOMPONEN SUSPENSI DEPAN MOBIL LISTRIK KMLI. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.

[img]
Preview
Text (Cover)
01. Cover 122016118.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02. Abstrak 122016118.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
03. Daftar Isi 122016118.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
04. Bab 1 122016118.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
05. Bab 2 122016118.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
06. Daftar Pustaka 122016118.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Pembuatan suspensi depan pada mobil listrik KMLI (kompetisi mobil listrik Indonesia) bertujuan untuk menciptakan suspensi yang sesuai regulasi dan layak untuk digunakan dalam berkendara diajang balap. Pembuatan komponen suspensi depan mulai dari proses desain suspensi menggunakan software solidwork berdasakan bentuk rangka dan komponen lain, lalu proses pembuatan gambar teknik, rencana proses, persiapan proses, proses pembuatan suspensi depan meliputi pembuatan upper arm, lower arm, kingpin, bell crank, bushing pipe arm, dudukan shock absorber dan dudukan push rod, bracket caliper. pada proses pembuatan ada kesulitan dibagian proses pengelasan kurang memuaskan dan harus dilakukan proses perbaikan dan finishing yang cukup banyak, lalu dilanjutkan dengan proses perakitan komponen agar terbentuk suspensi depan kendaraan mobil listrik KMLI serta proses terakhir adalah proses pengujian komponen suspensi depan meliputi pengujian ground clearance , pengujian sudut putar bell crank serta pengujian defleksi pegas. Masing-masing roda depan mengaplikasikan shock absorber dari Honda Revo. Hasil pengujian ground clearance tanpa beban adalah 165 mm dan pengujian ground clearance beban 121 kg adalah 123 mm dengan standar ground clearance 100-170 mm. Hasil pengujian sudut putar bell crank 11ᵒ, hasil tersebut dengan itu bisa mendorong dengan baik. Hasil pengujian defleksi pegas tanpa beban menyisakan 84 mm langkah pemegasan dan defleksi pegas saat beban 121 kg menyisakan 56 mm langkah pemegasan. Dari hasil pengujian tersebut, maka sistem suspensi depan mobil listrik dapat dikatakan baik dan layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsemail
UNSPECIFIEDMarsono, UNSPECIFIED
Divisions: 1 Fakultas Teknologi Industri > 21201 Teknik Mesin S1
Depositing User: Asep Kamaludin
Date Deposited: 14 Apr 2021 07:12
Last Modified: 29 Apr 2021 02:35
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1439

Actions (login required)

View Item View Item