Fadlisha, Diandra Tira (2019) TA: ANALISIS PENGARUH VARIASI JUMLAH LANTAI TERHADAP RESPON STRUKTUR GEDUNG DENGAN FLUID VISCOUS DAMPER. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.
|
Text (Cover)
01 Cover 222015183.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
02 Abstrak 222015183.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
03 Daftar Isi 222015183.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
04 Bab 1 222015183.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 2)
05 Bab 2 222015183.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
06 Daftar Pustaka 222015183.pdf Download (38kB) | Preview |
Abstract
Metode perencanaan struktur tahan gempa dapat dilakukan dengan menggunakan Fluid Viscous Damper (FVD) yang memiliki fungsi utama yaitu menyerap energi gempa dan mengurangi gaya gempa rencana yang dipikul elemen-elemen struktur. Sehingga, struktur bangunan menjadi lebih elastis dan mampu meredam guncangan gempa. Metode yang digunakan yaitu analisis dinamis riwayat waktu dengan menggunakan software ETABS v.15.2.2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas jumlah lantai pada struktur portal beton menggunakan FVD (Fluid Viscous Damper) dengan pola penempatan FVD yang paling baik dan variasi jumlah lantai yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur gedung 12 lantai memberikan respon struktur yang lebih baik. Berdasarkan aspek waktu getar struktur, penggunaan FVD mereduksi waktu getar hingga 49,75%. Penggunaan FVD juga membuat gaya geser dasar yang terjadi meningkat hingga 28,87%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | |||||||||
Divisions: | 2 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > 22201 Teknik Sipil S1 | |||||||||
Depositing User: | Azizullah Putri Akbar | |||||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2021 03:42 | |||||||||
Last Modified: | 07 Apr 2021 03:42 | |||||||||
URI: | http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1352 |
Actions (login required)
View Item |