Kampanye Digital Anti Pembajakan Musik Bagi Generasi Muda Melalui Platform Musik Legal

Rahmadia, Mochammad Rayenda and Januarsa, Aditya and Meiralarasari, Della (2018) Kampanye Digital Anti Pembajakan Musik Bagi Generasi Muda Melalui Platform Musik Legal. Jurnal Rekamakna Institut Teknologi Nasional.

[img] Text
Kampanye Digital Anti Pembajakan Musik Bagi Generasi Muda Melalui Platform Musik Legal_782DKV.pdf

Download (1MB)

Abstract

Industri musik di Indonesia merupakan salah satu potensi besar pendobrak sektor perekonomian dalam negeri. Peranannya cukuplah penting karena musik memiliki kontribusi yang besar terhadap industri kreatif dalam negeri dan menjadi menjadi sumber inspirasi, spiritual ataupun passion bagi kalangan tertentu. Industri kreatif di Indonesia telah tumbuh dengan sangat cepat dan menakjubkan dengan nilai total Rp 825 Triliun di tahun 2016. Hal ini tentu menjadi sebuah peluang yang positif bagi industri musik lokal sebagai bagian dari industri kreatif di era digital seperti ini. Perubahan industri musik dari era fisik ke era digital sendiri telah mengubah peta dunia musik, termasuk di Indonesia. Internet sebagai salah satu wadah untuk mengakses musik seolah menjadi pisau bermata dua yang dapat memberikan dampak positif dan juga negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah pembajakan musik dari tahun ke tahun yang seakan tidak bisa untuk dihentikan. Pemerintah sebagai pengatur regulasi pun sudah melakukan upaya yang cukup serius dengan memblokir ribuan situs unduh lagu ilegal, namun setiap harinya situs – situs baru bermunculan seolah tidak ada habisnya. Kerugian yang dialami cukup fantastis ketika pembajakan lagu diperkirakan mencapai 6 juta lagu perhari yang diunduh secara ilegal. Hal ini tentu berdampak cukup besar terhadap kemajuan musik dalam negeri. Maraknya pembajakan musik tidak akan terjadi jika masyarakat sadar akan pentingnya mengapresiasi karya musik dengan cara mendengarkan lagu secara legal. Berdasarkan permasalahan yang terjadi maka dibutuhkan tawaran solusi yang bersifat persuasi dan merubah pola pikir masyarakat dengan tindakan nyata dan secara langsung. Dibutuhkan juga khalayak yang luas atau bersifat massal sehingga kampanye dapat digunakan sebagai solusi.

Item Type: Article
Divisions: 3 Fakultas Seni Rupa dan Desain > 90241 Desain Komunikasi Visual S1
Depositing User: Asep Kamaludin
Date Deposited: 24 Jul 2018 08:54
Last Modified: 24 Jul 2018 08:54
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item View Item