Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Dasar Tahap Pengucapan Bagi Anak Tunarungu Melalui Buku Interaktif

Fajriati, Naufal and Resmisari, Ganis and Dewi, Agustina Kusuma (2018) Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Dasar Tahap Pengucapan Bagi Anak Tunarungu Melalui Buku Interaktif. Jurnal Rekamakna Institut Teknologi Nasional.

[img] Text
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DASAR TAHAP PENGUCAPAN BAGI ANAK TUNARUNGU MELALUI BUKU INTERAKTIF_777DKV.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hambatan kemampuan mendengar anak tunarungu menyebabkan terhambatnya perkembangn bahasa anak, karena perkembangan bahasa tersebut sangat penting untuk berkomunikasi dengan orang lain. Perkembangan anak tunarungu sangat dipengaruhi oleh perkembangan bahasa, sehingga jika terhambatnya perkembangan bahasa maka akan mempengaruhi perkembangan intelegensi, emosi, sosial dan perilaku anak tunarungu. Perkembangan bahasa dan bicara berkitan erat dengan ketajaman pendengaran. Sebagai akibat gangguan pendengaran, pada awal bayi tunarungu lahir diawali dengan tangisan serta rengekan lalu fase merabaan (babbling) proses pengucapan bunyi-bunyi yang tidak bermakna yang keluar secara reflek. Namun setelah fase ini perkembangan bahasanya tidak berlanjut dan terhenti. Lambat laun merabaan (babbling) akan menghilang seiring dengan perkembangan bicara muncul dalam usia yang makin meningkat. Sehingga pada tahap selanjutnya tidak terjadi tiru-meniru pada anak tunarungu karena memeiliki kekurangan pada indera pendengaraan, namun saat tahapan ini jangan terlalu dibiarkan terlalu lama perlu dibantu dengan latihan untuk meningkatkan perkembangan bahasanya. Saat fase terakhir terhenti pada umumnya anak tunarungu cukup lama tidak mendapatkan pembelajaran bahasa. Melalui metode terapi wicara merupakan langkah yang dapat membentuk atau memperbaiki ucapan sehingga kekeliruan atau kesalahan ucapan dapat diatasi. Pembelajaran bahasa bicara anak tunarungu harus ditingkatkan, melalui koordinasi antara guru, terapis, dan orang tua. Sehingga perkembangan bahasanya menjadi optimal. Melalui metode terapi wicara dan bermain yang dikemas melalui buku interaktif sehingga dapat memotivasi anak fokus dan tanpa disadari menangkap dengan mudah apa yang sedang diajarkan.

Item Type: Article
Divisions: 3 Fakultas Seni Rupa dan Desain > 90241 Desain Komunikasi Visual S1
Depositing User: Asep Kamaludin
Date Deposited: 24 Jul 2018 07:32
Last Modified: 07 Nov 2018 01:59
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item