Marinda, Marinda and Isnaini, Wiwi and Dewi, Agustina Kusuma (2017) Meningkatkan Pemahaman Tentang Penerapan Toleransi Beragama Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Buku Interaktif. Jurnal Rekamakna Institut Teknologi Nasional, - (-). ISSN -
Text
Meningkatkan Pemahaman Tentang Penerapan Toleransi_774DKV.pdf - Published Version Download (407kB) |
Abstract
Indonesia adalah negara kesatuan yang penuh dengan keberagaman. Indonesia terdiri atas beranekaragam budaya, bahasa, ras, suku bangsa, kepercayaan dan salah satunya keberagaman agama, agama di Indonesia ada 6 yaitu, Islam, Kristen (Khatolik, Protestan), Hindu, Budha, dan Konghucu. Yang dipersatukan dengan semboyan bangsa Indonesia, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi satu. Maksudnya walaupun kita berbeda, tetaplah kita sebangsa dan tidak boleh membedabedakan, baik dari agama,budaya, bahasa, ras, suku, kepercayaan dan warna kulitnya. Bagi bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika merupakan kalimat pengikat atau pemersatu. Agar masyarakat utuh dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita sebagai warga negara yaitu mengawal terselenggara perwujudan kebhinnekaan itu dalam kehidupan sehari-hari supaya generasi dini bisa paham dalam menerapkan cara menghargai, menghormati dan mencontoh kebaikan dalam keberagaman yang ada. Contoh yang bisa kita lakukan adalah dengan cara bertoleransi. oleransi merupakan sifat dasar masyarakat Indonesia. Yang memiliki arti saling menghormati antar agama, suku bangsa, menghargai hasil karya orang lain, bergotong royong membangun bangsa tanpa memandang perbedaa suku dan agama yang ada, tidak saling membedakan bahkan mencaci karena hal ini dapat menimbulkan konflik dan menjadi sumber atau awal pemecah kesatuan bangsa. Oleh sebab itu, generasi dini harus ditanamkan akan pemahaman toleransi sebagai penerus bangsa nantinya. Nilai leluhur bangsa Indonesia harus dibangun kembali pada generasi muda agar tidak memudar. Generasi dini bisa saling menjaga, melindungi dan menghormati keberagaman yang ada di Indonesia. Dengan merancang sebuah buku interaktif diharapkan dapat emberikan pengetahuan secara tepat kepada anak sekolah dasar bahwa toleransi adalah cara menciptakan kerukunan yang harmonis. Sehingga generasi dini dapat menyadari dan paham akan toleransi dalam keberagaman agar dibudayakan kembali rasa saling menghormati dan menghargai.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Karya Tulis Ilmiah |
Depositing User: | Asep Kamaludin |
Date Deposited: | 24 Jul 2018 07:12 |
Last Modified: | 07 Nov 2018 02:10 |
URI: | http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/117 |
Actions (login required)
View Item |