Search for collections on Itenas Repository

TA: KAJIAN PRIORITAS KEBIJAKAN PELAYANAN DERMAGA PELABUHAN STUDI KASUS PELABUHAN BADAS PROVINSI NUSATENGGARA BARAT

Isnaeni, Raden (2018) TA: KAJIAN PRIORITAS KEBIJAKAN PELAYANAN DERMAGA PELABUHAN STUDI KASUS PELABUHAN BADAS PROVINSI NUSATENGGARA BARAT. UNSPECIFIED thesis, Institut Teknologi Nasional.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator Kinerja pelabuhan adalah pelayanan dermaga, yang ditunjukan oleh tingkat pemakaian dermaga. Bentuk rendahnya kemampuan pelayanan dermaga di pelabuhan adalah terjadi antrian. Penyebabnya banyak factor diantaranya adalah lalu lintas kapal, barang dan penumpang serta belum optimalnya pemanfaat fasilitas dermaga dan sarana penunjang, Sehubungan dengan hal tersebut perlu dilakukan Kajian Prioritas Kebijakan Pelayanan Dermaga dalam dalam rangka optimasi peningkatan pelayanan dermaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kriteria dan subkriteria, menentukan bobot kriteria dan sub-kriteria, serta membuat persamaan matematika untuk menentukan urutan prioritas Kebijakan Pelayanan Dermaga di Pelabuhan. Hasil analisis dengan menggunakan kombinasi metode brainstrorming Technique dengan metode Cut Off Point diketahui bahwa kriteria yang akan digunakan dalam menentukan prioritas Prioritas kebijakan pelayanan dermaga adalah : Jenis Barang yang ditangani di dermaga, Karateristik kapal, Produktivitas kerja untuk muat/bongkar dan Panjang tambatan. Kriteria Jumlah gang yang bekerja, Jam kerja dan jumlah shift kerja, Hari kerja efektif dan Cadangan waktu tidak bekerja selama kapal bersandar tidak terpilih sebagai kriteria model. Selajutnya, metode Analitycal Hierarchy Process digunakan untuk menentukan bobot kriteria dan sub kriteria . Dari hasil analisis diperoleh bobot keriteria senagai berikut : Jenis Barang yang ditangani di dermaga dengan bobot sebesar 28,6%; Ukuran kapal 27,9 % , Produktivitas kerja untuk muat/bongkar 23,1% dan Panjang tambatan sebesar 13,0%. Berdasarkan bobot kriteria dan sub-kriteria, dihasilkan persamaan matematika untuk menentukan urutan prioritas kebijakan pelayanan dermaga pelabuhan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Contributors:
ContributionContributorsemail
Thesis advisorKurniadi, Yessi NirwanaUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPrasetyanto, DwiUNSPECIFIED
Divisions: 8 Magister > 22101 Magister Teknik Sipil S2
Depositing User: Asep Kamaludin
Date Deposited: 17 Mar 2021 08:31
Last Modified: 17 Mar 2021 08:41
URI: http://eprints.itenas.ac.id/id/eprint/1078

Actions (login required)

View Item View Item